WAKTU
TANGGAL

Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus untuk membantu para petani bawang putih di daerah Sembalun, Nusa Tenggara Barat (NTB). KUR BNI ini akan membantu para petani bawang untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam meningkatkan produktivitas perkebunan bawang. Penyaluran KUR tersebut secara simbolis disampaikan kepada beberapa penerima di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB, Jumat (1/9/2017). Penyaluran tersebut disaksikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, dan Corporate Secretary BNI Kiryanto. Hadir pada kesempatan tersebut para petani bawang penerima KUR. Rini hadir pada kesempatan tersebut untuk memanen bawang putih bersama para petani di daerah Sembalun, yang belakangan dikembangkan juga sebagai kawasan wisata terpadu di kaki gunung Rinjani.

Kiryanto mengungkapkan, jumlah petani bawang di kawasan tersebut mencapai sekitar 4.000 petani. Penyaluran KUR BNI kali ini merupakan salah satu langkah awal dalam penyaluran kredit kepada petani bawang secara lebih luas di kawasan Sembalun. Penyaluran KUR tersebut diperuntukan bagi petani bawang yang mengelola lahan dan membutuhkan modal kerja. “Dana KUR BNI itu dapat digunakan petani bawang untuk menutupi biaya pengolahan lahan, pembelian pupuk, hingga pembelian obat-obatan untuk meningkatkan produktivitas perkebunan bawang mereka,” ujar Kiryanto dalam keterangan tertulis, Jumat (1/9/2017). KUR BNI ini akan menurunkan beban petani dalam menggarap lahan pertanian. Pengelolaan 1 hektar lahan di kawasan Sembalun membutuhkan modal sekitar Rp 120 juta. Pada kesempatan ini, penyaluran KUR secara simbolis diberikan kepada tiga petani bawang Sembalun, yaitu Ali Basri, Arifin, dan Husdi.

Rayakan Idul Adha

Pada saat yang sama, Rini bersilaturahmi dengan para petani bawang di Sembalun sekaligus untuk merayakan bersama Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 1 September 2017. Pada salah satu hari besar keagamaan umat Islam ini, Rini memberikan daging qurban kepada masyarakat setempat. Pada kesempatan ini, BNI turut berkurban 2 ekor sapi.* Di acara silaturahmi tersebut, Rini berbincang dengan Samirih yang merupakan salah satu dari 50.000 Agen46 BNI di seluruh Indonesia. Sebagai Agen46 BNI, Samirih melayani masyarakat Sembalun Bumbung dan sekitarnya untuk bertransaksi perbankan. Samirih juga merupakan salah satu petugas pendamping (PPL) petani di desa Sembalun Bumbung.*

Agen 46 merupakan salah satu bentuk komitmen BNI dalam mendukung program literasi keuangan dan juga memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat pedesaan dan perkotaan. Adapun produk tabungan yang juga dikembangkan dan dapat dibuka di Agen46 antara lain adalah BNI Pandai dan BNI Simpanan Pelajar. Saat ini pemilik rekeningnya sudah tersebar luas di seluruh Indonesia, dimana BNI Pandai sudah mencapai lebih dari 1,8 juta rekening dan rekening BNI Simpanan Pelajar sudah dimiliki oleh lebih dari 293 ribu pelajar mulai dari tingkat SD sampai dengan SMA/ sederajat. (hns/hns)

KONTAK KAMI
08100000000
08100000000
PHOTO